Media Berbasis Komputer dan Multimedia


MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN MULTIMEDIA
Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah
Media Pengajaran
Dosen Pengampu: Ahmad Ripai, M.pd




Oleh:
Atun sofiatun (14121100143)
Dede Riki Nugraha (14121110043)
Erna Erlina (14121110049)
Euis Nur uswatun Hasanah (14121110050)
Nur Syamsu (14121110094)
Nurin Addin Khasani (14121110095)
Musyanto (1410110020)
Siti Rohani (14121120019)
Sang Nur Sadam (1410110030)

Kelompok/semester: III/ 3
Kelas: PAI-A

TARBIYAH/ PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SYEKH NURJATI CIREBON
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon-Jawa Barat 45132
2013/2014 




DAFTAR ISI
Kata Pengantar ...........................................................................................  i
Daftar Isi ....................................................................................................  ii
Bab I Pendahuluan ....................................................................................  1
A.    Latar Belakang ...............................................................................  1
B.     Rumusan Masalah ..........................................................................  2
C.     Tujuan Pembahasan .......................................................................  2
Bab II Pembahasan ....................................................................................  3
A.    Media Berbasis Komputer ………………………………………..
B.     Multimedia...................................................................................... 3
Bab III Penutup .......................................................................................  10
Daftar Pustaka .........................................................................................  11




A.    MEDIA BERBASIS KOMPUTER
Kata Komputer diambil dari bahasa Latin “Computare” yang berarti “menghitung” atau dalam bahasa Inggris “to compute”. Dengan demikian sesuai ejaan aslinya, komputer dapat diartikan sebagai alat hitung. (Davis, 1981:4). Komputer adalah alat hitung elektronik yang dapat menerima, menyimpan, mengolah, menampilkan proses secara visual, dan menyajikan data, serta bekerja di bawah kendali program yang tersimpan di dalamnya (stored program).
Secara umum, komputer terdiri dari tiga bagian, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.Perangkat keras adalah peralatan yang dapat dilihat dan disentuh misalnya Central Prosessing Unit (CPU), monitor, keyboard, mouse, printer, dan disket. Sedangkan perangkat lunak merupakan program-program yang dapat digunakan untuk mengoperasikan komputer. Brainware adalah manusia yang mempunyai keahlian khusus mengenai pengolahan data dengan komputer, misalnya sistem analis, programmer, dan operator.
Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/).
Selain digunakan untuk keperluan administrasi dan pengembangan usaha pada perusahaan besar dan kecil, Komputer pun mendapat tempat disekolah-sekolah. Di Negara maju, misalnya Amerika Serikat,computer sudah digunakan disekolah-sekolah dasar sejak tahun 1980-an dan kini disetiap sekolah computer sudah menjadi barang yang lumrah seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, penggunaan computer sebagai media pembelajaran dikenal dengan nama pembelajaran dengan bantuan computer ((computer assisted instruction-CAI, atau computer assistedlearning CAL) (Sutjipto.2011.108).
1.      Macam - Macam Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Adapun macam- macam media pembelajaran berbasis komputer terdiri dari:
a.       Presentasi PowerPoint
Saat ini teknologi pada bidang rekayasa komputer menggantikan peranan alat presentasi pada masa sebelumnya. Penggunaan perangkat lunak perancang presentasi seperti Microsoft power point yang dikembangkan oleh Microsoft inc” yang mengembangkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound di dalam persentasi power point sehingga dapat dibuat semenarik mungkin.
b.      CD/Multimedia Pembelajaran Interaktif
Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multi media terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi: sound, animasi, video, teks dan grafis.
c.       Video Pembelajaran
      Video pembelajaran terdiri dari:
1)      Rekaman hasil aktivitas pembelajaran
2)      Membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi
3)      Prinsip yang hampir sama dengan nonton film.
4)      Video dapat di buat sendiri atau download dari berbagai situs share video
5)      Apabila memungkinkan disesuaikan dengan materi melalui proses editing
d.      Internet
   Internet, singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu,“the largest global network of computers, that enables people throughout the world to connect with each other¨. Internet diluncurkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962. Adapun Macam-macam media berbasis internet yaitu: email, chatting, video/teleconference, blog, e-learning, web, dll.        Adapun tujuan penggunaan internet sebagai media pembelajaran berbasis komputer antara lain:
1)      Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri
2)      Siswa dapat mengakses secara dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik
3)      Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analis, tidak hanya konsumen informasi saja

2.      Potensi media komputer yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektiviatas proses pembelajaran antara lain:
a)      Memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara peserta didik dan materi pelajaran.
b)      Proses belajar dapat berlangsung secara individual dengan kemampuan belajar peserta didik.
c)      Mampu menampilkan unsur audio visual untuk meningkatkan minat belajar (multimedia).
d)     Dapat memberrikan umpan balik terhadap respons peserta peserta didik dengan segera.
e)      Mampu menciptakan proses belajar secara berkesinambungan.(sofi)

         Dibalik keandalan computer sebagai Media Pembelajaran, terdapat beberapa persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan awal bagi pengelola pembelajaran/pengajaran berbasis computer:
1)      Biaya perangkat keras dan lunak yang mahal dan juga cepat ketinggalan zaman
2)      Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian sangat ketinggalan zaman
3)      Pembuatan program yang rumit dan memerlukan pendampingan dalam pengoprasian awal guna menjelaskan penggunaannya. (Simamora, 2009:69)

B.     MULTIMEDIA
Multimedia terdiri dari dua kata "multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. (http://t-multimedia-risqidiah.blogspot.com)
Multimedia berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu. Misalnya, penggunaan simulator kokpit pesawat terbang yang memungkinkan peserta didik dalam akademi penerbangan dapat berlatih tanpa menghadapi risiko jatuh. Contoh lain dari penggunaan multimedia berbasis komputer adalah tampilan multimedia dalam bentuk animasi yang memungkinkan mahasiswa pada jurusan eksakta, biologi, kimia, dan fisika melakukan percobaan tanpa harus berada di laboratorium.
Sekarang ini multi media diarahkan kepada computer yang dalam perkembngannya sangat pesat, dan sangat membantu dalam dunia pendidikan. Media internet yang merajalela sejatinya telah memberikan pengaruh positif dalam pelaksanaan pembelajaran, diantaranya dengan adanya program e-learning e-education, dan lain-lain.
Beberapa model multimedia interaktif di antaranya:
1)      Model Drill: Model drills dalam CBI pada dasarnya merupakan salah satu starategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
2)      Model Tutorial: Program CBI tutorial dalam merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pelajaran. Metode Tutorial dalam CAI pola dasarnya mengikuti pengajaran Berprograma tipe Branching yaitu informasi/mata pelajaran disajikan dalam unit – unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan. Respon siswa dianalisis oleh komputer (Diperbandingkan dengan jawaban yang diintegrasikan oleh penulis program) dan umpan baliknya yang benar diberikan. (Nana Sudjana & Ahmad Rivai:139). Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan ide dan pengetahuan yang dimilikinya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
3)      Model Simulasi: Model simulasi dalam CBI pada dasarnya merupakan salah satu starategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
4)      Model Games: Model permainan ini dikembangkan berdasarkan atas “pembelajaran menyenangkan”, di mana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan. Dalam konteks pembelajaran sering disebut dengan Instructional Games (Eleanor.L Criswell, 1989: 20)

1.      Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :
a.       Multimedia Content Production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.
b.       Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaintment, news, education, dll.



2.      Karakteristik Multimedia
Multimedia juga mempunyai  karakteristik, yaitu ada 2 bentuk :
a.       Bentuk Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang lainnya.
b.        Bentuk No Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan. (http://t-multimedia-risqidiah.blogspot.com/)

Kelebihan dari Multimedia ini adalah memberikan kemudahan kepada siswa untuk belajar secara individual maupun secara kelompok. Selain memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi, media computer memberikan rangsangan yang cukup besar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. adapun kelemahan media ini adalah harganya relative mahal sehingga belum dapat dijangkau oleh seluruh sekolah untuk menyediakannya.selain memberikan pengaruh yang positif, computer (dalam hal ini internet) memberikan dampak negative terhadap siswa apabila guru kurang kontrolnya, sehingga memberikan kemungkinan-kemungkinan bagi siswa membuka situs-situs yang mendidik. (sutjipto.2011.78).















Daftar Pustaka


(sofi)
Simamora, Roimon. 2009. Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan. JAKARTA: EGC . (online), http://books.google.co.id, diunduh 26 Oktober 2013 pukul 12:20 WIB).       
Sutjipto Bambang, Cecep Kustandi. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
(http://t-multimedia-risqidiah.blogspot.com/)






                                                                



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Individu

WAKAF, HIBAH, SEDEKAH, DAN HADIAH

Sejarah Peradaban Islam Masa Nabi Muhammad Saw.

makalah pengertian pendidikan

MAKALAH PERKEMBANGAN MASA ANAK-ANAK