Metode Bernyanyi sebagai cara Mengingat,dan Menghafal lebih cepat



Metode Bernyanyi sebagai cara Mengingat,dan Menghafal lebih cepat
A.    Metode bernyanyi menurut para ahli :
1.      Tantranurandi mengungkapkan bahwa metode bernyanyi ialah suatu metode yang melafazkan suatu kata atau kalimat yang dinyanyikan.
2.       Saifun Arif Kojeh (2007) mengungkapkan bahwa metode bernyanyi adalah suatu metode yang mempunyai 4 faktor pendorong agar lebih efektif dalam penggunaannya, yaitu konsentrasi, jiwa yang tenang, pengulangan dan motivasi diri.
3.      Campbell (2003:10) mengemukakan metode bernyanyi adalah anak-anak merasakan kebahagiaan ketika mereka bergoyang, menari, bertepuk dan menyanyi bersama seseorang yang mereka percayai dan cintai. ((sumber : Masitoh,Heny Djoehaeri,Ocih Setiasil.2007.Strategi pembelajaran TK. Jakarta:Universitas terbuka.) (halaman 11.3 – halaman 11.7)

Metode bernyanyi itu dapat merangsang daya ingat. Dengan  mendengarkan lagu dan membiasakan diri dengan nadanya, secara otomatis kita akan dapat menghafal liriknya tanpa harus membutuhkan waktu yang lama meskipun liriknya panjang. Seperti orang-orang yang akan menghafal 99 Asmaul Husna, jika hanya dengan membaca pasti akan sulit untuk menghafalnya. Maka, banyak orang-orang yang menghafal Asmaul Husna dengan berbagai macam nada (metode bernyanyi) agar mudah dihafalkan.

Metode bernyanyi sebenarnya sudah diterapkan sejak dulu, bahkan sejak zaman wali songo yaitu yang terkenal adalah Sunan Kalijogo dengan lagu populernya yang berjudul “Ilir-ilir” yang beliau gunakan untuk berdakwah. Keberhasilan metode ini terbukti dari masyarakat sekarang yang masih banyak mengingat lagu itu sampai sekarang secara turun temurun. Jadi, metode bernyanyi akan lebih terkenang dan jika mengenang lagu yang pernah dinyanyikan, maka sudah pasti akan cepat ingat. Bukan hanya setelah materi, bahkan bisa diingat sampai kejenjang selanjutnya. (http://chayatulf.blogspot.com/2016/04/belajar-sambil-bernyanyi.html)

B.      Manfaat Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran
     Menurut Syamsuri Jari, sebagaimana dikutip oleh setyoadi menyebutkan bahwa diantara manfaat penggunaan lagu (bernyanyi) dalam pembelajaran yaitu:
1.       Menumbuhkan minat dan menguatkan daya tarik pembelajaran.
2.      Menciptakan proses pembelajaran lebih humanis dan menyenangkan.
3.      Sebagai jembatan dalam mengingat materi pembelajaran.
4.      Mendorong motivasi belajar siswa.
5.      dapat membawa suasana pembelajaran menjadi asyik dan menyenangkan, sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran.
6.       Dengan bernyanyi dapat menjadikan seorang murid menjadi aktif dalam proses pembelajaran. (M.fadlillah,edutainment Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri,2014),hal.44 &46)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Individu

WAKAF, HIBAH, SEDEKAH, DAN HADIAH

Sejarah Peradaban Islam Masa Nabi Muhammad Saw.

makalah pengertian pendidikan

MAKALAH PERKEMBANGAN MASA ANAK-ANAK