Metode Bernyanyi sebagai cara Mengingat,dan Menghafal lebih cepat
Metode Bernyanyi sebagai cara Mengingat,dan
Menghafal lebih cepat
A. Metode bernyanyi menurut para ahli :
1. Tantranurandi mengungkapkan bahwa metode bernyanyi ialah
suatu metode yang melafazkan suatu kata atau kalimat yang dinyanyikan.
2. Saifun Arif Kojeh
(2007) mengungkapkan bahwa metode bernyanyi adalah suatu metode yang mempunyai
4 faktor pendorong agar lebih efektif dalam penggunaannya, yaitu konsentrasi,
jiwa yang tenang, pengulangan dan motivasi diri.
3. Campbell (2003:10) mengemukakan metode bernyanyi adalah anak-anak
merasakan kebahagiaan ketika mereka bergoyang, menari, bertepuk dan menyanyi
bersama seseorang yang mereka percayai dan cintai. ((sumber : Masitoh,Heny Djoehaeri,Ocih Setiasil.2007.Strategi pembelajaran TK.
Jakarta:Universitas terbuka.) (halaman 11.3 – halaman 11.7)
Metode bernyanyi itu dapat merangsang daya
ingat. Dengan mendengarkan lagu dan
membiasakan diri dengan nadanya, secara otomatis kita akan dapat menghafal
liriknya tanpa harus membutuhkan waktu yang lama meskipun liriknya panjang.
Seperti orang-orang yang akan menghafal 99 Asmaul Husna, jika hanya dengan
membaca pasti akan sulit untuk menghafalnya. Maka, banyak orang-orang yang
menghafal Asmaul Husna dengan berbagai macam nada (metode bernyanyi) agar mudah
dihafalkan.
Metode bernyanyi sebenarnya sudah diterapkan
sejak dulu, bahkan sejak zaman wali songo yaitu yang terkenal adalah Sunan
Kalijogo dengan lagu populernya yang berjudul “Ilir-ilir” yang beliau gunakan
untuk berdakwah. Keberhasilan metode ini terbukti dari masyarakat sekarang yang
masih banyak mengingat lagu itu sampai sekarang secara turun temurun. Jadi,
metode bernyanyi akan lebih terkenang dan jika mengenang lagu yang pernah
dinyanyikan, maka sudah pasti akan cepat ingat. Bukan hanya setelah materi,
bahkan bisa diingat sampai kejenjang selanjutnya. (http://chayatulf.blogspot.com/2016/04/belajar-sambil-bernyanyi.html)
B. Manfaat Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran
Menurut Syamsuri Jari, sebagaimana dikutip oleh setyoadi menyebutkan
bahwa diantara manfaat penggunaan lagu (bernyanyi) dalam pembelajaran yaitu:
1.
Menumbuhkan minat dan menguatkan daya tarik
pembelajaran.
2.
Menciptakan proses pembelajaran lebih humanis
dan menyenangkan.
3.
Sebagai jembatan dalam mengingat materi
pembelajaran.
4.
Mendorong motivasi belajar siswa.
5.
dapat membawa suasana pembelajaran menjadi
asyik dan menyenangkan, sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh
dalam mengikuti pembelajaran.
6.
Dengan
bernyanyi dapat menjadikan seorang murid menjadi aktif dalam proses
pembelajaran. (M.fadlillah,edutainment Pendidikan
Anak Usia Dini,(Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri,2014),hal.44 &46)
Komentar
Posting Komentar